jurnal ABM dan FBM

IDENTIFIKASI MASALAH
Bagaimanakah penerapan Activity Based Management untuk meningkatkan efisiensi pada Hotel Sahid Kawanua Manado?
Bagaimana peningkatan keunggulan kompetitif terhadap efisiensi Activity Based Management pada Hotel Sahid Kawanua Manado?
Bagaimana aktivitas penerapan Activity Based Management terhadap pengelolaan hotel?

BATASAN MASALAH
Bagaimanakah penerapan Activity Based Management untuk meningkatkan efisiensi pada Hotel Sahid Kawanua Manado?

RANCANGAN / METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada Hotel Sahid Kawanua di bagian divisi room yaitu dengan cara mengidentifikasi semua aktivitas yang ada di Divisi Room Hotel lalu mengklasifikasikan aktivitas tersebut menjadi aktivitas bernilai tambah dan tidak bernilai tambah. Aktivitas tidak bernilai tambah ini akan dieliminasi ataupun digabungkan dengan aktivitas yang lain yang sejenis sehingga biaya tidak bernilai tambah yang muncul dari aktivitas ini dapat direduksi jumlahnya. Data yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu data kuantitatif berupa laporan biaya Divisi Room Hotel 2013 dan data kualitatif seperti sarana dan prasarana hotel.

TINJAUAN HASIL DAN KESIMPULAN
Melalui penggunaan metode Activity-Based Management (ABM) terhadap aktivitas-aktivitas yang ada didivisi room Hotel Sahid Kawanua Manado ini, maka dapat di identifikasi aktivitas-aktivitas apa saja yang tergolong aktivitas bernilai tambah dan aktivitas tak bernilai tambah. Pada divisi room terdapat beberapa aktivitas tidak bernilai tambah yang cukup besar.Setelah dilakukan manajemen aktivitas maka biaya tak bernilai tambah tersebut akhirnya dapat direduksi. Maka disimpulkan bahwa penerapan Activity-Based Management (ABM) sangat layak untuk diterapkan karena dengan penerapan metode tersebut terjadi efisiensi biaya pada Hotel Sahid Kawanua Manado sehingga hal ini akan memberikan keuntungan bagi pihak hotel tanpa mengurangi jasa yang diterima oleh pelanggan.

EVALUASI KONSTRIBUSI YANG DIBERIKAN
Hasil penelitian menunjukkan pada divisi room ditemukan aktivitas tak bernilai tambah yang cukup besar dan setelah dilakukan manajemen aktivitas, maka biaya tak bernilai tambah dapat direduksi dengan menerapkan metode Activity Based Management. Manajemen dapat melakukan pengurangan biaya tak bernilai tambah, sehingga dapat menciptakan efisiensi.

SARAN
Saran yang dapat diberikan terhadap jurnal adalah Untuk dapat Menerapkan Activity Based Management, pihak manajemen hotel harus memperhatikan faktor-faktor yang mendukung keberhasilan Activity Based Management. Dengan adanya jurnal ini kita dapat mengetahui  pengelolaan aktivitas tanpa mengurangi kualitas yang diberikan kepada pelanggan pada Hotel Sahid Kawanua.

Komentar

Postingan Populer