review jurnal balance scorecard



REVIEW JURNAL
BALANCE SRORCARD
JURNAL                             :  PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN
1.      IDENTIFIKASI MASALAH
Adapun masalah yang dibahas dalam jurnal ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan metode balanced scorecard sebagai tolok ukur pengukuran kinerja pada PT Glory Indonesia Abadi.
  1. PERTANYAAN SPESIFIK YANG AKAN DIJAWAB
Bagaimana penerapan metode balance scorecard sebagai tolak ukur pengukuran kinerja di PT Glory Indonesia Abadi?
  1. RANCANGAN METODE PENELITIAN
Teknik analisis data yang dilakukan adalah sebagai berikut: (1) Mengumpulkan data yang telah diperoleh dari transkrip wawancara dan data-data yang diperoleh dari perusahaan meliputi data finansial serta data non finansial; (2) Melakukan analisis data yang telah diperoleh; (3) Merekomendasikan sistem pengukuran kinerja perusahaan ke dalam konsep balanced scorecard dalam empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan; (4)Melakukan evaluasi terhadap hasil yang diperoleh dan menarik kesimpulan serta memberikan saran yang berguna bagi manajemen untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
  1. TINJAUAN HASIL/ KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian dari pembahasan yang telah dilakukan, diperoleh beberapa kesimpulan yaitu : (1) Implementasi strategi pengukuran kinerja menggunakan metode balanced scorecard pada PT Glory Indonesia Abadi dimulai dengan penentuan visi, misi, tujuan dan strategi perusahaan kemudian menerjemahkannya ke dalam sasaran-sasaran strategi ke dalam empat perspektif balanced scorecard yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta pertumbuhan dan pembelajaran. Tahap selanjutnya adalah penjabaran sasaran strategi ke dalam ukuran hasil; (2) Dalam pengukuran kinerjanya manajemen PT Glory Indonesia Abadi masih menggunakan laporan keuangan saja belum menggunakan metode balanced scorecard; (3) Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dengan penerapan metode balanced scorecard untuk mengukur kinerja di PT Glory Indonesia Abadi dapat dikatakan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya empat perspektif penilaian yang diterapkan untuk mengukur kinerja PT Glory Indonesia Abadi; (a) Perspektif finansial PT Glory Indonesia Abadi yang diukur dengan rasio profit margin, Return on Investment (ROI) dan efisiensi biaya menunjukkan angka yang fluktuatif; (b) Perspektif pelanggan PT Glory Indonesia Abadi yang diukur dengan kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa masih terdapat pelanggan yang kurang puas dengan kinerja PT Glory Indonesia Abadi yang ditunjukkan dengan komplain atau keluhan pelanggan. Namun dari sisi retensi pelanggan, akuisisi pelanggan baru dan profitabilitas pelanggan menunjukkan hasil yang baik; (c) Perspektif proses bisnis dan internal PT Glory Indonesia Abadi menunjukkan bahwa perusahaan telah melakukan proses inovasi seperti mendaur ulang kertas karton menjadi kertas koran, kesediaannya pelayanan untuk memenui permintaan yang mendesak dan menanggapi pelanggan apabila ada keluhan ke customer care; (d) Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan PT Glory Indonesia Abadi menunjukkan bahwa secara keseluruhan dalam kategori sangat baik karena karyawan puas terhadap perusahaan dan adanya peningkatan produktivitas karyawan PT Glory Indonesia Abadi.
  1. KONSTRIBUSI YANG DIBERIKAN
Berdasarkan beberapa temuan dalam penelitian, saran yang dapat diajukan antara lain: (1) Adanya pelanggan yang kurang puas dengan kinerja PT Glory Indonesia Abadi membuat perusahaan harus melakukan upaya perbaikan baik dari segi internal maupun eksternal. Meskipun perusahaan telah memberikan pelayanan purna jual kepada pelanggan dan menegur karyawan yang berbuat ceroboh, perusahaan harus tetap memperhatikan terkait dengan lingkungan kerja PT Glory Indonesia Abadi karena lingkungan kerja mempengaruhi produktivitas dan kinerja dari karyawan yang dimiliki; (2) Hendaknya untuk penelitian selanjutnya terutama yang membahas topik sama dengan penelitian ini dapat menambahkan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner atau survei agar memperoleh data penelitian yang lebih detail terutama terkait dengan kepuasan dari sisi karyawan dan pelanggan.
  1. SARAN
Balanced Scorecard (BSC) merupakan suatu metode yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan dengan memperhatikan aspek keuangan dan non keuangan. Pada Setiap perusahaan memiliki visi dan misi yang berbeda serta tergantung pada tujuan yang akan dicapai oleh masing-masing perusahaan. Jadi dengan adanya balance scorecard ini hendaknya sebuah perusahaan dapat mengukur bagaimana kinerja dari perusahaan tersebut dan juga dapat melakukan berbagai upaya dalam perbaikan guna mencapai visi dan misi perusahaan tersebut.



Komentar

Postingan Populer