review jurnal balance scorecard
REVIEW JURNAL
BALANCE SRORCARD
JURNAL
: PENERAPAN METODE BALANCED SCORECARD SEBAGAI
TOLOK UKUR PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN
1.
IDENTIFIKASI MASALAH
Adapun masalah yang dibahas dalam jurnal ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis penerapan metode balanced scorecard sebagai tolok
ukur pengukuran kinerja pada PT Glory Indonesia Abadi.
- PERTANYAAN SPESIFIK YANG AKAN DIJAWAB
Bagaimana
penerapan metode balance scorecard sebagai tolak ukur pengukuran kinerja di PT
Glory Indonesia Abadi?
- RANCANGAN METODE PENELITIAN
Teknik analisis data yang dilakukan adalah sebagai berikut: (1)
Mengumpulkan data yang telah diperoleh dari transkrip wawancara dan data-data
yang diperoleh dari perusahaan meliputi data finansial serta data non
finansial; (2) Melakukan analisis data yang telah diperoleh; (3)
Merekomendasikan sistem pengukuran kinerja perusahaan ke dalam konsep balanced
scorecard dalam empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif
pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan; (4)Melakukan evaluasi terhadap hasil yang diperoleh dan menarik
kesimpulan serta memberikan saran yang berguna bagi manajemen untuk
meningkatkan kinerja perusahaan.
- TINJAUAN HASIL/ KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian dari pembahasan yang telah dilakukan,
diperoleh beberapa kesimpulan yaitu : (1) Implementasi strategi pengukuran
kinerja menggunakan metode balanced scorecard pada PT Glory Indonesia Abadi
dimulai dengan penentuan visi, misi, tujuan dan strategi perusahaan kemudian
menerjemahkannya ke dalam sasaran-sasaran strategi ke dalam empat perspektif balanced
scorecard yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal
serta pertumbuhan dan pembelajaran. Tahap selanjutnya adalah penjabaran sasaran
strategi ke dalam ukuran hasil; (2) Dalam pengukuran kinerjanya manajemen PT
Glory Indonesia Abadi masih menggunakan laporan keuangan saja belum menggunakan
metode balanced scorecard; (3) Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang
dilakukan dengan penerapan metode balanced scorecard untuk mengukur
kinerja di PT Glory Indonesia Abadi dapat dikatakan baik. Hal tersebut
dibuktikan dengan adanya empat perspektif penilaian yang diterapkan untuk
mengukur kinerja PT Glory Indonesia Abadi; (a) Perspektif finansial PT Glory
Indonesia Abadi yang diukur dengan rasio profit margin, Return on Investment
(ROI) dan efisiensi biaya menunjukkan angka yang fluktuatif; (b) Perspektif
pelanggan PT Glory Indonesia Abadi yang diukur dengan kepuasan pelanggan
menunjukkan bahwa masih terdapat pelanggan yang kurang puas dengan kinerja PT
Glory Indonesia Abadi yang ditunjukkan dengan komplain atau keluhan pelanggan.
Namun dari sisi retensi pelanggan, akuisisi pelanggan baru dan profitabilitas
pelanggan menunjukkan hasil yang baik; (c) Perspektif proses bisnis dan
internal PT Glory Indonesia Abadi menunjukkan bahwa perusahaan telah melakukan
proses inovasi seperti mendaur ulang kertas karton menjadi kertas koran,
kesediaannya pelayanan untuk memenui permintaan yang mendesak dan
menanggapi pelanggan apabila ada keluhan ke customer care; (d)
Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan PT Glory Indonesia Abadi menunjukkan
bahwa secara keseluruhan dalam kategori sangat baik karena karyawan puas
terhadap perusahaan dan adanya peningkatan produktivitas karyawan PT Glory
Indonesia Abadi.
- KONSTRIBUSI YANG DIBERIKAN
Berdasarkan
beberapa temuan dalam penelitian, saran yang dapat diajukan antara lain: (1)
Adanya pelanggan yang kurang puas dengan kinerja PT Glory Indonesia Abadi
membuat perusahaan harus melakukan upaya perbaikan baik dari segi internal
maupun eksternal. Meskipun perusahaan telah memberikan pelayanan purna jual
kepada pelanggan dan menegur karyawan yang berbuat ceroboh, perusahaan harus
tetap memperhatikan terkait dengan lingkungan kerja PT Glory Indonesia Abadi
karena lingkungan kerja mempengaruhi produktivitas dan kinerja dari karyawan
yang dimiliki; (2) Hendaknya untuk penelitian selanjutnya terutama yang
membahas topik sama dengan penelitian ini dapat menambahkan teknik pengambilan
data menggunakan kuesioner atau survei agar memperoleh data penelitian yang
lebih detail terutama terkait dengan kepuasan dari sisi karyawan dan pelanggan.
- SARAN
Balanced Scorecard (BSC)
merupakan suatu metode yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan dengan
memperhatikan aspek keuangan dan non keuangan. Pada Setiap perusahaan memiliki
visi dan misi yang berbeda serta tergantung pada tujuan yang akan dicapai oleh
masing-masing perusahaan. Jadi dengan adanya balance scorecard ini hendaknya sebuah
perusahaan dapat mengukur bagaimana kinerja dari perusahaan tersebut dan juga
dapat melakukan berbagai upaya dalam perbaikan guna mencapai visi dan misi
perusahaan tersebut.
Komentar
Posting Komentar