ANALISIS JURNAL




Description: FB_IMG_14568378542469547.jpg

AKUNTANSI MANAJEMEN
ANALISIS JURNAL
Oleh:
KELOMPOK V

ALFANDI ERLANGGA    :1630402008
ANITA FITRI                       :1630402012
AYNUL FITRI                     :1630402018
ENNOVALIA                       :1630402031
FITRA YUNITA                  :1630402037
GENDI GELFANO             :1630402041

Dosen Pembimbing:
Mega Rahmi SE,Sy.M.Si
JURUSAN EKONOMI SYARI’AH KONSENTRASI AKUNTANSI SYARI’AH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (FEBI)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
BATUSANGKAR
2017

REVEIW JURNAL AKUNTANSI MANAJEMEN

JURNAL        : Sistem Akuntansi Manajemen sebagai Pemediasi
Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Desentralisasi
terhadap Kinerja Manajerial
1. IDENTIFIKASI MASALAH
            Adapun masalah yang dibahas pada jurnal ini yaitu gaya kepemimpinan, desentralisasi, SAM dan kinerja manajerial
2. PERTANYAAN SPESIFIK YANG AKAN DIJAWAB
Bagaimana gaya kepemimpinan yang harus diterapkan oleh seorang manajer dalam memimpin perusahan dan apa dampaknya terhadap perusahaan apabila hal tersebut tidak diterapkan dengan baik serta bagaimana hubungan antara SAM  terhadap kierja manajerial tersebut?
3. RANCANGAN METODE PENELITIAN
       Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Analisis jalur merupakan suatu bentuk penerapan dari egresi berganda yang digunakan diagram jalur sebagai petunjun terhadap pengujian hipotesis yang kompleks. Analisis jalur ini dapat dilakukan untuk mengestimasi besarnya pngaruh baik lansung maupun tidak lansung.
4. TINJAUAN HASIL/ KESIMPULAN
            Gaya kepemimimpinan berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Ini menjelaskan bahwa gaya kepemimimpinan yang beriorentasi pada prestasi mampu mningkatkan kinerja manajerial, dimana kinerja pimpinan SKPD akan meningkat apabila wali kota dapat memotivasi pimpinan SKPD untuk mencapai tujuan orgaisadi dengan efektif.
            Desentralisasi berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Hal ini menjelaskan bahwa adanya tingkat pendelegasian wewenang dan tanggung jawab dalam pengambilan keputusan mengenai keputusan sehari-hari yang diberiakn walikota kepada pimpinan SKPD akan mambuat pimpinan SKPD berupaya meningkatkan kinerjanya.
            Sistem akuntansi manajemen dapat memediasi pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja manajerial. Hal ini menjelaskan bahwa kinerja manajerial akan meningkat apabila ketersediaan informasi yang dihasilakan dari sistem akuntansi manajemen, seperi informasi yang disajikan dalam bentuk laporan sesuai dengan model keputusan, yang dibangun oleh gaya kepemimpinan yang diterapkan.
            Sistem akuntansi manajemen dapat memediasi pengarh desentralisasiterhadap kinerja manajerial. Hal ini menjelaskan bahwa kinerja manajerial akan meningkat apabila adanya ketersediaan informasi yang dihasilakan dari sistem akuntansi manajemen, seperi informasi yang disajikan dalam bentuk laporan sesuai dengan model keputusan, yang dihasilkan oleh tingkat pendegelasian wewenang dan tanggung jawab yang diberikan.
5. KONSTRIBUSI YANG DIBERIKAN
Pemimpin dalam menerapkan gaya kepemimpinan perlu berorientasi pada prestasi (achievement oriented leadership), dimana pimpinan harus mampu memotivasi bawahan untuk mencapai tujuan organisasi dengan efekif yang berdampak pada peningkatan kinerja manajerial.
Pimpinan perlu mengoptimalkan pendelegasian wewenang dan tanggung jawab kepada pemimpin SKPD dengan mengijinkan pimpinan SKPD untuk membuat kebijakan secara independen, hal ini sebagai salah satu sumber daya penting organisasi didalam meningkatkan kinerja manajerial.
Pimpinan perlu mempertimbangkan ketersediaan informasi yang dihasilkan dari sistem akuntansi manajemen yang meliputi informasi yang cakupannya luas (broad scope), informasi  yang tepat waktu (time liness), informasi yang teintegrasi (integration) dan informasi agregasi (agregation) sebagai mediasi peran kepemimpinan dan desentralisasi didalam meningkatkan kinerja manajerial.
6. SARAN
Dalam sebuah organisasi maupun sebuah perusahan instansi yang bersangkutang memang sangat membutuhkan yang namanya Sistem akuntansi manajemen yang sanagt berpengaruh terhadap kinerja manajemen dalam pencapaian tujuan perusahaannya. Hal ini menjelaskan bahwa kinerja manajerial akan meningkat apabila ketersediaan informasi yang dihasilakan dari sistem akuntansi manajemen, seperi informasi yang disajikan dalam bentuk laporan sesuai dengan model keputusan, yang dibangun oleh gaya kepemimpinan yang diterapkan. Untuk itu menurut kami perlu adanya suatu sistem informasi akuntansi manajemen di dalam sebuat perusahaan tersebut agar pencapaian tujuan perusahaan dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan.


Komentar

Postingan Populer